Tips Menurunkan Tekanan Darah

Jumat, 04 Februari 2011
1. Menghindari makanan asin
Garam termasuk salah satu makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah, karena itu kurangi makan yang asin.

2. Berolah raga
Berolah raga dapat menurunkan berat badan dan setiap penurunan berat badan sebanyak 1/2 kg,dapat menurunkan tensi 2 mmHg, jadi sangat baik untuk penderita hipertensi berat, jenis olah raga yang paling aman adalah jalan kaki,jogging, naik turun tangga, senam yoga, renang dan bersepeda.

3. Minum obat

Minum obat penurun tekanan darah secara teratur agar tekanan darah dapat turun sedikit demi sedikit.

4. Tidak mengkonsumsi alkohol
Alkohol mempunyai peranan dalam meningkatkan tekanan darah maka dari itu hindari mengkonsumsi alkohol. Alkohol bukan hanya meninkatkan tekanan darah tetapi alkohol juga dapat merusak kesehatan.

5. Berhenti Merokok
Merokok adalah pantangan paling utama untuk penderita hipertensi, karena nikotin
yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan juga meningkatkan resiko untuk terkena stroke. Bagi yang sudah terlanjur menjadi perokok berat dianjurkan mengurangi atau jika bisa menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Jika memang sulit, kurangi sedikit demi sedikit.

6. Makan buah pisang
Pisang adalah buah yang banyak mengandung kalium, kalium dapat menurunkan tekanan darah, selain pisang kalium juga terkandung dalam kismis, susu, yoghurt, dan jus jeruk.

7. Berpikir santai
Kadang pikiran dapat memicu terjadinya kenaikan tekanan darah,karena itu harus belajar berpikir santai, tetapi tetap serius dalam setiap masalah yang dihadapi.

0 komentar:

Posting Komentar