Tips Agar Tidak Menjadi ABG Labil

Selasa, 15 Februari 2011
1. Jadilah Dirimu Sendiri
Zaman sekarang banyak sekali remaja yang merasa tidak bangga dengan dirinya sendiri dan selalu merasa tidak percaya diri. Mereka malah ingin menjadi seperti orang lain yang mereka fikir lebih baik dari diri mereka sendiri. Padahal belum tentu orang lain yang mereka banggakan itu lebih baik dari mereka. Jika kita memang benar-benar mau berusaha, tak ada yang tidak mungkin di dunia ini, maka dari itu jadilah dirimu sendiri yang lebih baik dari orang lain.

2. Selalu Bersyukur
Tak ada alasan untuk tidak bersyukur, segala sesuatu yang diciptakan Tuhan di dunia ini pasti bermanfaat untuk kita, hanya saja mungkin kita belum bisa menyadari dan memanfaatkannya.






3. Jadilah Orang yang Supel dan Tidak Mengeksklusifkan diri.
Jangan suka pilih-pilih teman, bertemanlah dengan siapa saja. Tak peduli dia anak jalanan, anak religius, anak dugem, anak metal dan sebagainya. Dari situ kita bisa belajar berpikiran terbuka mengenai pandangan orang. Kita akan bisa lebih menghargai orang lain. Kalau pada umumnya para ABG Labil hanya mau berteman dengan orang yang "sepaham " dengan mereka dan cenderung defensif kalo ada orang yang beda paham dan kemudian offensif jika mereka benar-benar tidak suka dengan orang lain.

4. Berfikir Positif dan Easy Going
Tak perlu peduli dengan apa yang dikatakan orang. Tak peduli orang berkata jelek atau apa, yang penting kita yakin apa yang kita lakukan tidak mengganggu orang lain dan mungkin malah dapat berguna untuk orang lain.



5. Berfikir Idealis Namun Realistis










Tak perlu menjadi idealis tetapi kita tahu kapan harus menjadi realistis. Memang terkadang menjadi idealis perlu dilakukan, tetapi
tak ada salahnya jika berlaku realistis untuk membuka pikiran sehingga bisa menerima pendapat dari orang lain.

6. Menjadi Stylis Tetapi Tidak Lebay
Mengikuti fashion memang tidak salah, tetapi jika ada fashion baru kemudian diikuti terus itu baru yang disebut "lebay". Penampilan itu memang penting karena kesan pertama saat orang lain melihat kita adalah dari penampilan kita. Tetapi setelah itu orang lain akan melihat kharismatik kita dan bukan dari penampilan lagi.


7. Jangan Bangga Dengan Hal yang Buruk
Bangga pernah tawuran? bangga pernah dugem? Jangan bangga dengan keburukan yang pernah kita lakukan, ini memang merupakan degradasi moral akibat pergeseran budaya. Jika ingin mencari eksistensi bukan begitu caranya. Remaja yang baik itu harus progressif dengan hal-hal yang positif, bukan malah hal-hal yang negatif.


0 komentar:

Posting Komentar