Gedung Pencakar Langit Burj Dubai

Senin, 07 Februari 2011
Dubai dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia, ada bangunan indah dan mewah yang begitu banyak di negara tersebut, salah satunya adalah Burj Dubai. Burj Dubai atau yang sekarang bernama Burj Khalifa (bahasa Arab untuk 'Menara Khalifa') adalah sebuah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).

Burj Dubai adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Gedung ini memiliki 160 lantai. Pembangunan Burj Dubai ini dilakukan oleh salah satu perusahaan properti terbesar di UAE, Emaar, bekerjasama dengan perusahaan arsitektur dan teknik sipil asal Chicago, Amerika Serikat yakni Skidmore, Owings and Merrill (SOM).

Gedung Burj Dubai memiliki bentuk unik seperti jarum menjulang tinggi ke langit ini. Ketinggian gedung ini juga menjadi daya tarik. Gedung ini mempunyai 1.044 apartemen dan 49 lantai ruang kantor serta hotel. Diperkirakan pembangunannya menghabiskan biaya sekitar US$ 20 miliar.


0 komentar:

Posting Komentar