Tidak Menjadi Juara Bukan Berarti Kalah

Jumat, 27 Mei 2011
Sebuah kompetisi merupakan hal yang wajar yang sering terjadi di dunia ini. Karena tanpa adanya sebuah kompetisi dunia ini tak akan menjadi lebih baik dan maju dari sebelumnya. Yang dimaksud kompetisi di sini tidak hanya kompetisi dalam sebuah lomba tetapi dalam segala hal. Baik kompetisi yang kita sadari maupun tidak kita sadari. Karena terkadang tanpa kita sadari ternyata kita berkompetisi dengan orang lain walau pun kita tidak sadar dan tidak tahu kalau apa yang kita lakukan ternyata secara tidak langsung mengajak orang lain berkompetisi. Misalnya saat kita belajar rajin dengan maksud untuk mencari ilmu dan mengembangkan kemampuan, tidak sengaja ternyata apa yang kita lakukan secara tidak langsung mengajak orang lain yang mungkin sekelas dengan kita menganggap itu sebuah kompetisi. Contoh lain adalah saat kita berjualan sesuatu, saat itu kita hanya berniat bekerja dan mencari nafkah, tapi tanpa kita sadari ternyata kita sudah berkompetisi dengan penjual-penjual lain yang berjualan barang yang sama dengan kita.

Sebenarnya kompetisi adalah hal yang bagus selama kompetisi yang dilakukan adalah kompetisi yang sehat dan tidak ada unsur kecurangan di dalamnya. Jangan menganggap kompetisi sebagai sebuah permusuhan dan perpecahan tetapi anggaplah kompetisi sebagai sebuah penghargaan. Karena dengan melakukan suatu kompetisi kita dapat membuktikan pada yang lain kalau kita bisa melakukan sesuatu dan tidak dianggap remeh oleh orang lain.

Dalam suatu kompetisi pasti ada salah satu pihak yang menjadi juara. Banyak sekali pihak yang ingin menjadi juara di setiap kompetisi karena menjadi juara adalah suatu kebanggaan yang tidak dapat dirasakan oleh orang lain yang tidak menjadi juara. Tetapi jangan menganggap jika tidak menjadi juara adalah suatu kekalahan atau kegagalan. Karena sebenarnya Kekalahan merupakan suatu proses menjadi juara sejati. Selain itu semua, sebenarnya semua orang yang sudah melakukan kompetisi adalah seorang pemenang, yaitu pemenang atas dirinya sendiri yang kemenangan itu berupa kebanggaan.

Kegagalan adalah awal dari suatu keberhasilan. Tanpa suatu kegagalan kita tidak akan menghargai proses dari keberhasilan itu. Karena sebenarnya proses adalah sesuatu yang sangat penting. Jika kita tahu dan paham bagaimana prosesnya pasti keberhasilan akan mudah untuk dicapai dan keberhasilan yang didapat pun akan lebih bermakna dan bernilai. Maka dari itu jangan takut kalah atau pun gagal karena kemenangan dan keberhasilan dimulai dari suatu kekalahan dan kegagalan.

4 komentar:

  • Ferrial Pondrafi

    yup, kekalahan bukan berarti kalah untuk selamany.. kekalahan hanyalah kemenangan yang tertunda.
    karena untuk menjadi juara sejati, manusia harus melalui kekalahan-kekalahan atau kegagalan-kegagalan kecil sebelumnya.. :-)

  • rudi iswanto

    Wah sepakat ma atas ane...hehe

  • Kekalahan itu ekivalen dgn belajar.
    Jd, ga perlu disesali atau dipikirkan. Terus bepikir ke depan dan lupakan kekalahan itu.

    Jangan lupa jg, selalu berdoa dan berusaha semaksimal mungkin hingga batas kemampuan...
    :D

  • rudi iswanto

    Sepatu gan, sepakat dan setuju... d^_^

  • Posting Komentar