Taman Laut Nasional Bunaken

Rabu, 02 Maret 2011
Taman Laut Bunaken terletak di pulau Bunaken. Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen.

Taman nasional Bunaken terkenal dengan keindahan taman bawah lautnya. Ada banyak jenis ikan yang ada di taman bawah laut Bunaken. Diperkirakan, kurang lebih ada sembilan puluh satu jenis ikan, molusca, terumbu karang, dan lain sebagainya. Tentu saja, keberagaman tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi pulau ini. Bahkan, Bunaken merupakan salah satu ekosistem yang memiliki keanekaragaman kekayaan laut yang terbanyak di dunia.

Di pulau yang bisa ditempuh menggunakan speed boat ini juga terdapat hutan bakau yang kaya dengan berbagai jenis udang, kepiting, moluska. Hutan ini juga merupakan habitat beberapa jenis burung laut, seperti cangak lauyt bangau, dara laut, dan camar.

Pulau Bunaken memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya. Mereka terpesona dengan beragam jenis ikan cantik yang sedang bermain di sela-sela terumbu karang. Banyak jenis wisata yang ditawarkan di sini, di antaranya diving dan snorkeling. Selain itu, bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken tanpa berbasah ria, dapat menggunakan kapal selam Blue Banter. Dengan menggunakan kapal ini, keindahan alam bawah laut akan lebih jelas terlihat.

Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

0 komentar:

Posting Komentar