Istilah-Istilah dalam Kaskus

Jumat, 11 Maret 2011
KASKUS merupakan situs forum komunitas terbesar di indonesia. Yang patut dibanggakan, forum ini asli buatan anak bangsa. Bahkan kesuksesan dari Kaskus ini sempat membuat Google ingin membelinya seharga USD 50 juta atau setara dengan 475 miliar rupiah. Mulanya Kaskus yang dikembangkan oleh Andrew, Ronald, dan Budi ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mereka pada 6 November 1999 saat kuliah di jurusan Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle, Amerika Serikat. Konsep awal Kaskus sebenarnya adalah situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di luar negeri akan kampung halaman melalui berita-berita Indonesia.

Situs www.kaskus.us pada saat ini dikelola oleh PT. Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang pada saat ini berjumlah lebih dari 2.000.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa.

Kaskus yang merupakan singkatan dari KASak KUSuk, bermula dari sekedar hobi dari sebuah komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600.000 orang, dengan jumlah pageviews melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 200 juta post.

Dalam kaskus, para membernya terkadang sering menggunakan istilah-istilah yang mungkin tidak dimengerti oleh orang lain. Istilah-istilah ini hanya dimengerti oleh orang-orang yang sering mengunjungi kaskus. Istilah-istilah tersebut antara lain :
  • Kaskuser—Pengguna Kaskus.
  • GRP dan BRP—Kependekan dari good reputation point dan bad reputation point. Setiap Kaskuser dapat memberikan GRP atau BRP pada Kaskuser lainnya bila telah memposting 2.000 post. Kaskuser hanya dapat mengirim GRP atau BRP satu kali setiap harinya. GRP sering pula disebut “cendol” atau “ijo-ijo”, sementara BRP sering disebut “bata merah” atau “merah-merah”.
  • ISO 2000—Jumlah postingan minimal dari kaskuser untuk dapat memberikan GRP / BRP.
  • Pertamax, idom dari kata Pertama dan x (kali) yang digabung jadi satu sehingga istilah katanya mendekatkan pada produk bahan bakar non subsidi dari PT. Pertamina Tbk yaitu PERTAMAX, yang artinya memposting pertama kali balasan dari sebuah Thread yang baru dibentuk atau Thread Starter alias TS.
  • Maho—Kependekan dari “manusia homo”. Kata yang digunakan untuk mencela. (emoticon maho).
  • Thread/Trit—Halaman berisi suatu topik yang dibuat oleh seorang Kaskuser. Orang yang memulai sebuah thread disebut TS (thread starter).
  • TKP—Singkatan dari “tempat kejadian perkara”, digunakan untuk menggantikan kata pranala (link).
  • Kulkas—Kata lain dari control panel, tempat untuk melihat jumlah BRP ataupun GRP yang telah diterima.
  • Gan—kependekan dari kata "Juragan". Merupakan kata sapaan untuk sesama Kaskuser.
  • Mimin dan Momod—Kependekan dari "Administrator" dan "Moderator".

1 komentar:

  • Posting Komentar