Pemrograman bahasa C++

Kamis, 16 Juni 2011
Wah sudah lama saya tidak posting di blog ini, alhamdulillah walau pun sudah lama tidak di update blog ini masih lumayan rame. OK langsung saja ya, kali ini saya akan menyampaikan tentang pemrograman bahasa C. Ini merupakan permintaan dari teman saya yang meminta saya untuk menyampaikan tutorial tentang salah satu bahasa pemrograman. Semoga materi yang saya sampaikan nanti dapat bermanfaat untuk banyak orang terutama teman saya.

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972 di Laboratorium Bell. Bahasa pemrograman C adalah bahasa pemrograman yang dapat dikatakan berada antara bahasa tingkat rendah (berorientase mesin) dan bahasa tingkat tinggi (bahasa berorientase pada manusia).

Program C tersusun atas sejumlah blok fungsi. Sebuah program minimal mengandung sebuah fungsi. Setiap fungsi terdiri satu atau beberapa pernyataan untuk melaksanakan tugas khusus. Bagian pernyataan fungsi (tubuh fungsi) diawali tanda kurung kurawal buka ({) & diakhiri tanda kurung kurawal tutup (}). Suatu fungsi juga bisa tidak mengandung pernyataan sama sekali.

Pada Program C terdapat fungsi main, fungsi main ini merupakan fungsi utama pada program dan fungsi ini harus ada pada program, karena fungsi ini menjadi titik awal dan akhir eksekusi program. Tanda { menyatakan awal tubuh fungsi & awal eksekusi program dan } menyatakan akhir tubuh fungsi & akhir eksekusi program. Jika program terdiri lebih dari satu fungsi, fungsi main() bisa ditempatkan pada posisi paling atas dalam pendefinisian fungsi. Hal ini hanya merupakan kebiasaan untuk memudahkan pencarian program utama bagi programmer. Jadi tidak merupakan suatu keharusan.

Dalam program C juga terdapat fungsi printf() adalah fungsi untuk menampilkan keluaran pada layar. Misalnya ntuk menampilkan : "Selamat belajar bahasa C" maka pernyataan yang harus ditulis adalah :
printf(“Selamat belajar bahasa C”);
Pernyataan diatas berupa pemanggilan fungsi printf() dengan argumen/parameter string, yaitu “Selamat belajar bahasa C”. Dalam bahasa C, string ditulis diawali dan diakhiri tanda petik ganda (“) dan pernyataan selalu diakhiri titik koma (;) sebagai pemberhentian pernyataan dan bukan pemisah antara dua pernyataan. Banyak software yang dapat dipakai untuk membuat dan menjalankan bahasa C++, diantaranya adalah C-Free, Dev C++, Borland C++, dan lain sebagainya. Di bawah ini merupakan salah satu source code pemrograman bahasa C yang sederhana :

#include "stdio.h"

main()
{
printf("Selamat datang di My Blog : Rudi's Note\n");
printf("Selamat belajar\n");
}

hasil eksekusi programnya adalah :




2 komentar:

  • Ferrial Pondrafi

    say bisanya cuman HTML doank..
    itupun yg dasar2..
    klo C++ tau, tp gak pernah nyoba.. heheh

  • rudi iswanto

    dicoba dulu mas bro, barangkali bisa jadi masternya...hehe

  • Posting Komentar