Karakteristik Pemimpin yang Efektif

Minggu, 03 April 2011
1. Memiliki Visi
Pemimpin yang efektif harus mempunyai Visi atau tujuan yang jelas.

2. Cakap Secara Teknis
Cakap secara teknis merupakan salah satu karakter yang tidak bisa dipisahkan dari seorang pemimpin yang efektif agar dapat menjadi teladan bagi masyarakat yang dipimpinnya.

3. Membuat Keputusan Tepat
Seorang pemimpin yang efektif harus mampu membuat keputusan yang tepat dan tidak ragu-ragu agar kepemimpinannya tidak diragukan.

4. Bekomunikasi dengan Baik
Komunikasi adalah hal yang paling penting untuk menjalin suatu hubungan, baik antar individu mau pun kelompok. Jadi seorang pemimpin yang efektif harus dapat berkomunikasi dengan semua orang terutama masyarakat yang dipimpinnya.

5. Memberi Keteladanan
Seorang pemimpin harus dapat menjadi teladan yang baik bagi semua orang terutama masyarakat yang dipimpinnya karena jika pemimpinnya baik maka masyarakatnya juga akan baik.

6. Mampu Mempercayai Orang
Orang yang ingin dipercaya oleh orang lain sebelumnya harus bisa mempercayai orang lain. Maka dari itu seorang pemimpin harus mampu mempercayai orang lain agar dapat dipercayai oleh orang lain juga terutama masyarakat yang dipimpinnya.

7. Mampu Menahan Emosi
Sebagai seorang pemimpin, menahan emosi terkadang menjadi suatu yang sulit karena pemimpin biasanya sering dihadapkan dengan masalah-masalah yang sulit dan melibatkan emosi. Maka dari itu seorang pemimpin harus mampu menahan emosi dalam segala sesuatu.

8. Tahan Menghadapi Tantangan
Banyak sekali tantangan dalam hidup ini, apalagi tantangan bagi seorang pemimpin. Pemimpin yang efektif harus mampu menghadapi tantangan tersebut agar dapat membuktikan pada masyarakat yang dipimpinnya pantas atau tidak dia menjadi seorang pemimpin.

9. Bertanggung Jawab
Seorang pemimpin yang efektif harus mampu bertanggung jawab atas segala yang dilakukannya.

10. Mengenali Anggotanya
Seseorang belum dapat disebut pemimpin jika tidak mengenali anggota-anggotanya karena jika seorang pemimpin tidak mengenali anggota-anggotanya maka dia tidak akan tahu siapa sebenarnya yang dia pimpin.

11. Cekatan dan Penuh Inovasi
Pemimpin yang efektif harus cekatan dalam melakukan segala sesuatu dan harus dapat menciptakan suatu inovasi baru agar masyarakat yang dipimpinnya dapat lebih berkembang dan lebih inovatif.

1 komentar:

  • Posting Komentar