Perkembangan dan Pertumbuhan Tulang Manusia

Senin, 13 September 2010
Tulang kita ibarat sebuah bank. Sepanjang hidup, tubuh akan menyimpan dan mengeluarkan materi-materi penting di tulang. Jika tabungan kita cukup, maka tulang menjadi tebal dan kuat. Sebaliknya jika tabungan kita kecil/rendah, maka tulang menjadi tipis dan lemah.

Salah satu “mata uang” penting dalam bank tulang kita adalah kalsium. Kalsium merupakan zat penting di dalam tulang. Jika anda rajin mengkonsumsi kalsium saat tulang sedang tumbuh, maka kita dapat memaksimalkan puncak massa tulang. Namun sesungguhnya, kalsium bukan hanya berguna bagi kesehatan tulang saja, namun juga diperlukan untuk berbagai fungsi penting tubuh.


Makanan merupakan sumber kalsium terbaik, bahan makanan tinggi kalsium antara lain : susu skim, susu fullcream, kuning telur, ikan teri, rebon, golongan kacang-kacangan (wien, kacang tolo, kedelai, kacang hijau), tempe, bayam, daun pepaya, selada air dan lain-lain.

Tulang mengalami perkembangan dan pertumbuhan sepanjang hidup kita, namun pada suatu titik, tulang juga akan mengalami penurunan kecepatan tumbuh.

Sejak lahir – 15 tahun merupakan masa pertumbuhan yang cepat. Inilah saat tepat untuk membentuk tulang yang kuat dengan banyak olahraga dan banyak pemasukan kalsium.

Usia 15 – 30 tahun, masa tulang terus bertambah, bantulah pertumbuhannya dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Usia 30 – 50 tahun, puncak masa tulang dapat dipertahankan dengan banyak melakukan aktivitas fisik, dan asupan kalsium yang baik.

Usia >50 tahun, wanita memasuki masa menopause, di mana tulang mulai mengalami penipisan. Pasca menopause penipisan tulang semakin mengancam, hal ini dapat dibantu dengan terapi pengganti hormon, melakukan aktivitas dan konsumsi kalsium.

Bagaimana tulang yang merupakan kerangka manusia itu bisa sangat kuat, tetapi juga sekaligus sangat ringan/rapuh? Tulang kelihatannya sangat padat, tetapi sebenarnya 50% terdiri dari bahan mineral yang keras. Kebanyakan dari kalsium karbonat dan kalsium fosfat. Ini adalah bahan alami yang umum. Tulang berkembang dari bahan putih yang agak tembus cahaya serta kenyal seperti karet. Bahan ini disebut tulang muda dan tulang rawan. Itu masih diperkuat dengan berkas-berkas bahan seperti tali yang kuat. Bahan ini disebut kolagen dan terdapat disepanjang kebanyakan tulang.

0 komentar:

Posting Komentar