Menggunakan MySQL di xampp melalui Command Prompt

Selasa, 01 November 2011
Ada yang tau tentang database? bagi yang udah tau dan mungkin sering bergelut dengan yang namanya database pasti udah gak asing dengan MySQL, MySQL merupakan aplikasi untuk membuat dan memanipulasi suatu database. Di sini saya akan memberikan tutorial menggunakan MySQL yang ada di xampp, karena mungkin banyak yang belum tau kalau MySQL yang ada di xampp dapat digunakan layaknya seperti aplikasi MySQL yang diinstall sendiri.

Sebelum mulai, saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu xampp. Xampp merupakan salah satu aplikasi untuk membuat localhost pada komputer yang di dalamnya sudah terinstall MySQL yang digunakan untuk menyimpan database pada localhost tersebut.

MySQL pada xampp ternyata juga dapat digunakan layaknya MySQL yang diinstall sendiri. Cara menggunakan MySQL di xampp sama dengan saat kita menggunakan MySQL yang diinstall sendiri(karena emang sama-sama MySQL.. :P). Tapi bedanya di sini kita akan menjalankan MySQLnya melalui Command Prompt atau yang sering disebut cmd. Ok langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. buka Command Prompt pada windows, buka run ketik cmd
2. setelah masul di command prompt, ketik "cd .." sebanyak 2 kali untuk masuk ke direktori c: di mana lokasi xampp kita install (xampp diinstall di direktori c)
3. ketikkan cd xampp\mysql\bin pada Command Prompt
4. ketik mysql -u root pada command prompt untuk masuk ke MySQL
5. Anda sudah masuk di MySQL dan dapat menggunakannya

langkah-langkah di atas dapat dilihat melalui gambar di bawah ini :










Penjelasan :
Pada xampp, MySQL tersimpan di folder bin yang merupakan subfolder dari xampp\mysql. Dapat dilihat pada gambar di bawah ini :














Memang kita dapat langsung membuka MySQL dengan mencari file mysql yang ada di folder bin, tetapi untuk membuat dan memanipulasi database kita harus masuk ke MySQL sebagai user, makanya tadi untuk mengakses ke MySQL di command prompt ditambahkan perintah -u root. keterangan untuk perintah lainnya yaitu :
cd .. => untuk keluar dari direktori (karena awal masuk di Command Prompt kita berada di direktori Users\COMPAQ #kebetulan leptopku compaq.. :D)
cd xampp\mysql\bin => untuk masuk ke direktori xampp\mysql\bin

selamat mencoba.. :)

3 komentar:

  • indramiger

    Makasih banyak.. :) terus berkarya Mas Rudi

  • Tammy Rianti

    Makasih bro, menolong banget :D

  • Posting Komentar